Selamat Datang di CariManfaat.com

Saturday, January 19, 2013

Model Baru Perlawanan Rakyat Palestina Terhadap Ekspansi Yahudi

10:07 AM

Share it Please
BAIT Iksa, sebuah desa di Palestina yang langsung berhadapan dengan wilayah Yerusalem. Tepat dibalik dinding pemisah buatan Zionis Yahudi yang siap merebut tanah mereka.

Jumat kemarin (18/1/2013), kabarnya penduduk desa ini membuat sebuah desa baru yang dinamakan dengan Bab al-Karoma atau Pintu Gerbang Kehormatan. Hal ini mereka lakukan untuk mempertahankan tanah mereka dari pembangunan dan perluasan dinding pemisah Israel.

Pembangunan dinding itu nantinya, akan membuat 96% dari lahan desa tidak bisa diakses oleh warga. Selama 24 jam terakhir, penduduk desa membangun sebuah masjid dan menyiapkan sekitar lima puluhan warga untuk tinggal di lahan di balik dinding tersebut.

Kepala desa Bait Iksa Mr. Kamal Hababa, menyatakan bahwa ide pembangunan desa baru ini sebagai upaya perindungan lahan desa dan sebagai upaya dari berkembangnya perubahan Arab Yerusalem.

Lahan desa yang terancam tergerus pembangunan dinding pemisah sekitar 741 hektar. Dengan perkiraan desa sekitar delapan desa, namun tetap saja yang akan paling banyak kehilangan lahan adalah desa Bait Iksa ini.

Pendirian desa Bab Al-Karoma ini datang tak lama setelah para aktivis Palestina mendirikan sebuah desa yang disebut Bab Asy-Syams. Bab Asy-Syams yang juga dibentuk untuk melawan pembangunan permukiman Israel di daerah yang dikenal sebagai E1, terletak antara Yerusalem dan Yerikho. Dan inilah model baru perjuangan rakyat Palestina melawan ekspansi yang terus dilakukan Yahudi di Tepi Barat. [hf/islampos/imemc]

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di CariManfaat.com

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara Cerdas. Dilarang keras untuk berkomentar iklan